Senin, 17 Oktober 2011

WinPad Enjoy 7, Tablet Murah ala MSI


Jakarta - Memulai debutnya di pasar tablet Tanah Air, MSI memperkenalkan tablet pertamanya yang dinamakan Enjoy 7. Apakah tablet kelas menengah besutan vendor asal Taiwan ini cukup bisa diandalkan? Mari kita tilik seperti apa kemampuannya.

Bodi Enjoy 7 terlihat solid. Chasis plastiknya berbalut sentuhan metal mengkilap di bagian belakang. Tablet ini memang memancarkan kesan premium yang mungkin membuatnya tampak lebih mahal dari harga sebenarnya. Hanya saja patut dicatat, bodi luar si tablet mudah kotor.

Di bagian bawah layar, diletakkan empat buah tombol navigasi, yaitu tombol search, home, menu dan tombol back. Sedangkan dua buah speaker mungil terlihat menghiasi bodi bagian belakang. Sedangkan tulisan MSI menyembul di bagian bawah kamera belakang.

Di sekeliling bodinya terdapat banyak tombol dan port, seperti tombol volume, tombol on/off, port mini HDMI, port USB dan slot microSD yang tersembunyi di balik cover kecil. Serba ada bukan?


Kualitas Layar Pas-pasan

WindPad Enjoy 7 memiliki bentang layar 7 inch jenis kapasitif yang cukup dioperasikan dengan sentuhan jari. Operasionalnya terhitung responsif meski juga tidak bisa dibilang mulus. Terkadang ada gejala lag yang terjadi.

Dengan resolusi 800x480 pixel, layar Enjoy 7 entah mengapa terlihat pas-pasan. Tidak terlampau jernih. Kesan kasar di ikon-ikonnya tampak cukup jelas. Viewing angle-nya juga tidak terlalu bagus sehingga kurang jelas terlihat jika dilihat dari sudut yang terlalu miring.

Namun demikian, layar Winpad Enjoy 7 masih cukup bisa dinikmati terutama jika mengingat tablet ini menyasar kelas menengah ke bawah. Untuk main game misalnya, tampilan warnanya cukup baik.

Demikian juga kala menayangkan video HD ataupun halaman web, layar Enjoy 7 masih cukup nyaman. Ya, tablet ini sudah bisa memainkan video kualitas bagus.

Tablet ini memakai sistem operasi Android Gingerbread. Namun tidak seperti Galaxy Tab 7 inch misalnya, Windpad Enjoy 7 tidak bisa digunakan untuk menelepon.

Tidak banyak kustomisasi yang dilakukan MSI di tampilan interface tablet ini. Terdapat tiga buah homescreen di layar utama, di mana user bisa meletakkan berbagai widget sesuai keinginannya.

MSI memberikan aplikasi bawaan yang cukup lengkap dan fungsional. Berbagai game populer sudah dibundling sehingga user tidak perlu lagi mengunduhnya seperti Angry Birds dalam 3 versi, Fruit Ninja dan Talking Tom.

Aplikasi untuk mengukur kemampuan hardware juga banyak tersedia seperti battery benchmark, Hardware Info sampai OxBenchmark.

Hardware Standar

MSI Windpad Enjoy 7 masih memakai prosesor single core 1,2 GHz dan RAM 512MB. Cukup bisa diandalkan untuk operasional tablet, khususnya dalam mengakses aplikasi. Sedangkan kapasitas penyimpanan internal mencapai 4GB yang bisa diekspansi melalui microSD sampai 32GB.

MSI hanya memberikan kamera berkekuatan 2 megapixel di bagian depan dan belakang. Kualitas foto, bisa ditebak, biasa-biasa saja. Apalagi di dalam ruangan, foto terlihat kabur. Tidak ada pula lampu flash sehingga pengguna hanya bisa pasrah jika harus menjepret dalam keadaan gelap.

Baterai berkekuatan 3500 mAh di tablet ini rupanya cukup bandel. Dengan pemakaian normal seperti Wi Fi dinyalakan dan digunakan untuk main game, ia bisa bertahan di kisaran 7 jam.

Speakernya mengeluarkan suara yang biasa saja dan cenderung lemah. Suara alat musik kurang terdengar dan suara vokal terlalu mendominasi kala mendengarkan musik. Ini cukup mengherankan karena ia dibekali dengan dua buah speaker.

MSI Enjoy Pad 7 yang diuji detikINET hanya mengandalkan koneksi internet via Wi Fi. Dengan browser bawaaan, akses ke dunia maya terbilang mulus, meski kadang tersendat jika harus mengakses halaman web versi desktop.

Kesimpulan

MSI WinPad Enjoy 7 memiliki fasilitas cukup lengkap untuk ukuran tablet sekelasnya. Bentuknya pun terkesan premium, membuat tablet ini tampil berkelas meski harganya cukup murah, di kisaran Rp 2,9 juta.

Bagi mereka yang sedang tertarik ingin mencoba tablet PC dan untuk pertama kalinya ingin membeli tablet yang tidak terlampau mahal, Enjoy 7 bisa menjadi pilihan menarik. Terlebih MSI termasuk brand global yang cukup terjamin kualitas gadgetnya. Performa si tablet cukup solid dan penampilannya tidak mengecewakan.

Kelebihan:
- Bodi solid
- Fasilitas cukup lengkap

Kekurangan:
- Layar kurang jernih
- Mudah kotor

Spesifikasi utama:
- Prosesor ARM Cortex A8, 1,2GHz
- Kamera 2 megapixel
- Accelerometer Sensor, Ambient Light sensor, mini-HDMI
- 512 MB RAM, 4 GB Storage internal, slot microSD
- Baterai Li-Ion 3500 mAh
- Layar 7 inch resolusi 800x480 pixel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar